Berkenalan dengan Mas Wira, Owner Surabaya Indodepo

Beberapa waktu lalu saya diperkenalkan oleh seorang teman dengan pemilik usaha supplier bahan konstruksi, bahan bangunan, elektrikal dan mekanikal bernama Mas Wira Pramudianto. Mas Wira ini punya usaha dengan nama Surabaya Indodepo.

Berbeda dengan pengusaha bahan bangunan yang selama ini saya lihat, produk yang dijual Mas Wira ini cukup beragam. Tidak hanya bahan bangunan sipil seputar pasir, besi dan bata saja, melainkan juga mendistribusikan bahan lain yang menurut saya cukup jarang yakni kebutuhan seputar kelautan (marine equipment)

Rubber fender misalnya. Barang ini baru pertama kalinya saya mengetahui distributornya, ya Mas Wira itu.

Marine rubber fender atau sering juga disebut karet fender dermaga adalah suatu produk yang terbuat dari karet, berfungsi sebagai “bumper” yang untuk menyerap energi benturan saat terjadi kontak antara kapal dan dermaga atau dengan kapal yang lain.

Benturan ini terjadi saat kapal akan bersandar dan mendekat ke dermaga. Karena berjalan di atas air yang cukup sulit dikendalikan lajunya, maka cara paling efektif untuk menghentikan kapal adalah dengan cara berbenturan.

Untuk itu dibutuhkan media penahan benturan antara kapal dan dermaga. Media ini bernama marine rubber fender, atau karet fender dermaga.

Karet fender dermaga/rubber fender/marine fender mempunyai sifat sangat elastis dan mudah dikompres/ditekan. Dengan demikian meningkatkan kecepatan absorpsi shock.

Karet fender - rubber fender - marine fender

Memiliki daya serap energi yang tinggi. Fungsi fender adalah menyerap energi kinetik dari kapal. Semakin banyak energi yang diserap maka semakin efisien fender tersebut.

Selain itu, rubber fender juga tahan cuaca. Berbahan baku sama dengan ban mobil, fender karet dermaga ini sangat kuat dan tahan lama. Tidak mudah rapuh mesti berada di luar dengan cuaca berubah-ubah. Karet fender dibuat untuk tahan cuaca.

Kebanyakan masyarakat umum kurang memperhatikan bahwa kapal-kapal dan perahu-perahu besar baik yang ada di laut ataupun di danau-danau pasti terdapat atau terpasang rubber fender pada permukaan atau dinding-dinding luar dari kapal atau perahu tersebut.

Nah, Mas Wira ini merupakan salah satu distributor marine fender di Surabaya. Sudah cukup banyak produk yang dia pasok ke berbagai perusahaan marine equipment.

Bukan hanya itu, Mas Wira juga menyediakan lampu-lampu yang biasanya digunakan di sekitar dermaga.

Mungkin ada yang tertarik, atau kebetulan sedang mencari supplier barang-barang tersebut, bisa langsung kontak Mas Wira di wira@surabayaindodepo.com atau klik aja webnya Surabaya Indodepo.

Di sana ada lengkap nomer WA dan alamatnya, juga produk-produknya.

Leave a Comment