Youtuber Pemula Wajib Mendaftar Ulang Program Adsense

Youtuber Pemula Wajib Mendaftar Ulang Program Adsense

Baru saja ada email masuk dari Tim Youtube tentang pengajuan kontrak YPP (Youtube Partner Program). Di email tersebut, Tim Youtube memberitahu bahwa bagi siapapun yang pernah mengajukan kontrak YPP (menampilkan iklan pada video Youtube) namun belum memenuhi syarat, diberi batasan waktu 30 hari untuk menyelesaikan syarat YPP.

Syarat YPP atau syarat channel Youtube dapat menampilkan iklan adalah jumlah jam tayang minimal 4000 dan jumlah subscriber minimal 1000.

Rata-rata Youtuber yang tertarik akan program ini akan mengajukan permohonan kontrak di awal, meskipun channelnya belum memenuhi syarat.

Atau, ada juga yang pernah mengajukan program monetisasi ini di jaman Youtube belum menerapkan syarat 1000 subscriber dan 4000 jam tayang. Di tengah perjalanan, iklan berhenti karena tidak memenuhi syarat tadi.

Nah, bagi yang pernah mengajukan permohonan seperti itu, oleh Youtube diberi tenggat waktu (deadline) 30 hari sejak email pemberitahuan itu dikirim.

Jika dalam 30 hari syarat yang diminta oleh Youtube tidak terpenuhi, maka pengajuan kontrak YPP atas channel publisher akan otomatis dibatalkan.

Namun, pemilik channel dapat mengajukan kembali saat channelnya sudah memenuhi persyaratan monetisasi. Hal ini bisa dicek di dashboard Youtube Studio, bagian Monetisasi dengan ikon bergambar dollar.

Jadi, bagi Anda yang punya channel Youtube dan sedang melakukan optimasi untuk dapat menampilkan iklan, pastikan Anda mengecek secara berkala syarat dan tenggat waktu yang diberikan oleh Youtube.

Tapi setidaknya, saat tenggat waktu 30 hari yang diberikan oleh Youtube nanti habis, maka mestinya akan ada email lagi dari Youtube apakah channel kita lolos atau tidak. Apakah pengajuan kontrak kita dibatalkan atau tidak.

Kabar baiknya, tidak ada perubahan apapun di Youtube dan Youtube Studio terkait hal ini.

Satu-satunya perubahan adalah bahwa Anda harus menerima kembali persyaratan YPP setelah Anda memenuhi syarat. Cara Anda menggunakan atau menikmati YouTube tetap sama. Anda tetap memiliki akses ke semua fitur kreator yang memungkinkan Anda meningkatkan jumlah penonton, membangun komunitas, dan mengelola video. Anda dapat:

  • Mengupload, mengedit, atau menghapus video
  • Membaca, menanggapi, atau memoderasi komentar
  • Menganalisis performa channel di YouTube Analytics
  • Memperoleh praktik terbaik dan saran strategis dari Akademi Kreator
  • Terhubung dengan Kreator lain di Forum Bantuan YouTube

Semangat ya Guys! Semoga menjadi Youtuber yang bermanfaat. Jangan hanya mengejar jumlah subs dan monet tapi lebih utamakan kualitas konten.

1 thought on “Youtuber Pemula Wajib Mendaftar Ulang Program Adsense”

Leave a Comment